• robotik
  • WELCOME
  • Misykah
  • pmpzi
  • hab kemenag

Selamat Datang di Website MAN 1 KOTA BUKITTINGGI. Terima Kasih Kunjungannya

Kontak Kami


MAN 1 KOTA BUKITTINGGI

NPSN : 10263738

Jalan Raya Bukittinggi, Kubu Gulai Bancah, Kec.Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi


info@man1bukittinggi.sch.id

TLP : 0752 22307


          

Pencarian

Prestasi Siswa


JUARA 1 dalam Olimpiade Bahasa Arab

JUARA 1 dalam Olimpiade Bahasa Arab tingkat Propinsi yang dilaksanakan di PPN Alkausar Payakumbuh, 3 Agustus 2019. Dengan nilai : Juara 1 MAN 1 Kota Bukittinggi nilai 87



:: Selengkapnya

Banner

Statistik


Total Hits : 131386
Pengunjung : 39873
Hari ini : 5
Hits hari ini : 13
Member Online : 1
IP : 3.239.40.250
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Jajak Pendapat

Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ya
Tidak
Ragu-ragu
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat

Status Member

PENGEMBANGAN MADRASAH MENUJU MADRASAH HEBAT BERMARTABAT PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0




Pengarahan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

pada acara Lokakarya MAN 1 Bukittinggi

Senin, 21 Desember 2020

 

Disunting oleh: Delvira

 

Terwujudnya pendidikan Islam yang unggul, moderat dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan dan teknologi. Itulah visi yang dirangkul oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Visi ini akan direalisasikan dengan melaksanakan misi yaitu dengan cara meningkatkan akses pendidikan Islam yang merata, meningkatkan mutu pendidikan Islam, meningkatkan relevansi dan daya saing pendidikan Islam, dan meningkatkan tata kelola pendidikan Islam yang baik.

 

Dalam usaha mewujudkan visi dan misi tersebut Kementerian Agama mengembangkan Diversifikasi keunggulan madrasah dalam berbagai bentuk yaitu MA Akademik, MA Program Keagamaan, MA Plus Keterampilan, Madrasah Riset dan lain-lain. MA Akademik merupakan prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang akademik, sains, dan teknologi. MA Program Keagamaan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keahlian kajian keagamaan Islam. MA Plus Keterampilan adalah prototipe madrasah aliyah yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keterampilan tertentu. Sedangkan madrasah riset adalah madrasah yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang riset atau penelitian ilmiah.

 

Menuju madrasah hebat bermartabat sesuai tuntutan zaman, sebuah madrasah dituntut untuk mampu mengembangkan keunggulan dan keunikan masing-masing dalam kemasan yang menarik serta mampu membuat branding yang berbeda dari madrasah yang sudah ada pada umumnya. Keunggulan-keunggulan tersebut bisa dikemas dalam berbagi wujud, misalnya unggul dalam tahfidz, sains, riset, bahasa asing, olahraga, seni, robotik, teknologi informasi dan lain sebagainya.

 

Saat ini Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Berkelas Dunia, melalui berbagai kerjasama dan meluncurkan program-program unggulan dan strategis. Sebagaimana yang disampaikan oleh direktur KSKK, Dr. H.A. Umar Sw, “Madrasah hebat adalah madrasah yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal dan mencapai puncak prestasi madrasah dengan cara yang baik (bermartabat).”

 

Mewujudkan madrasah hebat dapat dilakukan dengan pengelolaan madrasah secara profesional yang memberi ruang berinovasi dan berkreasi dalam mengelola pendidikan. Madrasah hendaknya memberi ruang, kesempatan dan dukungan kepada guru untuk berkreasi dalam mengelola pembelajaran. Sehingga guru bisa mengerahkan totalitasnya secara frofesional dan fokus dalam proses pembelajaran tanpa harus dibebani dengan tugas-tugas administratif.

 

Untuk memberi kesempatan madrasah berinovasi dan berkreasi, Kementerian Agama RI telah menetapkan regulasi tentang Kurikulum Madrasah yang terdiri dari KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Pedoman Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

 

Demi tercapainya madrasah hebat bermartabat di era revolusi industri 4.0 seorang guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkarakter sesuai tuntutan zaman. Proses pembelajaran tersebut dapat dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu, dengan memberi kesempatan dan aktivitas belajar yang variatif dan tidak monoton, menciptakan Proses pembelajaran yang mampu mengakomodir kemampuan berpikir kritis peserta didik,  dengan mewujudkan Pembelajaran yang memanfaatkan berbagai multisumber, melaksanakan Pembelajaran yang menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, dan menggunakan pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran, serta melakukan Pembelajaran berbasis projek atau masalah.

 

Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru hendaknya memastikan adanya keterhubungan  antar kurikulum (cross-curricular connections). Hal ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif yang mendorong partisipasi peserta didik dan terbangun hubungan yang baik dalam pembelajaran. Selain itu dalam pembelajaran juga perlu membudayakan kreativitas dan inovasi, menggunakan  sarana belajar yang tepat, menggunakan media visual untuk meningkatkan pemahaman, dan menggunakan penilaian formatif termasuk penilaian diri sendir.

 

Mendukung tercapainya tujuan pendidikan di madrasah ada 4 Keterampilan Belajar yang harus dikembangan di madrasah yaitu, Berfikir Kritis yaang merupakan keterampilan berfikir tingkat tinggi, melibatkan pemikiran yang dalam. Kreatifitas dan Inovasi : Berfikir di luar kebiasaaan, menciptakan sesuai yang baru dan berharga. Kolaborasi : Bekerjasama, komunikator yang jelas, pendengar yang efektif, dan menjadi pemain di dalam tim. Kemampuan Berkomunikasi : menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia (ICT Literacy). Akan lebih sempurnalah pencapaian itu dengan melakukan inovasi tiada henti mewujudkan madrasah hebat bermartabat. ( Disunting oleh: DELVIRA)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas